Setiap orang pasti akan bertemu dengan orang baru setiap harinya. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi pasti akan bertemu dengan orang baru. Mungkin saat naik kendaraan umum, atau menunggu antrian di tempat pelayanan publik akan ada orang-orang yang mungkin tidak kita kenal dekat dengan kita. Pilihannya kita mau diam saja, atau mengisi waktu dengan berkenalan dengan orang baru. Daripada hanya diam kan lebih baik kita isi waktu dengan ngobrol lebih asyik. Nah berikut ini ada beberapa tips buat kamu untuk memulai obrolan dengan orang yang tidak kamu kenal:

  • Anggaplah orang lain juga ingin ngobrol dengan mu

Kita biasanya akan kesulitan untuk menjadi dirisendiri saat berada dengan orang baru, tapi itu hanyalah otak kita yang berusaha utnuk melindungi diri dari ancaman atau rasa malu. Ingat energi yang kamu berikan kepada orang lain akan kamu dapatkan kembali, jadi berikanlah suasana energi positif. Setiap orang ingin merasa nyaman dan aman dalam situasi sosial.

  • Awali dengan senyuman

Kesan pertama adalah segalanya. Orang lain harus merasakan nyaman saat kamu mendekati mereka. Ketika kamu senyum kamu terlihat lebih ramah dan orang lain juda akan merasa optimitik ketika berbicara denganmu

  • Ingat-ingat nama mereka

Kita biasanya akan cepat melupakan nama seseorang yan baru bertemu. Sangat memalukan.

Jika kamu ingin mengingat nama orang yang baru betemu, mudah ulang nama mereka dan izinkan mereka untuk mengkonfirmasi apakah benar namanya seperti itu. kemudian setelah benar ulangi dalam hati beberapa kali. Kemudian katakan lagi

Setelah itu gunakan nama mereka dalam percakapan, Dengan melakukan hal ini menunjukkan orangn lain merasa dihargai, dan membuat mereka merasa spesial, seperti mereka cukup penting untuk diingat.

  • Bertanya pertanyaan yang mengali informasi

Beri pertanyaan yang jawabanya tidak hanya ya atau tidak, tapi mengali informasi tentang lawan bicara. Ini hal penting, karena jika kamu terlalu banyak bertanya orang lain akan menganggap seperti wawancara.

  • Relax

Percakapan adalah pertukaran informasi antar dua arah, jadi kamu jangan terlalu kepikiran apa yang akan kamu katakan selanjutnya. Tanggungjawab percakapan bukan padamu saja hanya karena kamu memulainya. Kamu akan terkejut ketika orang lain bisa jadi menambah percakapan semakin menarik

  • Jangan Baper

Sewaktu-waktu ada orang yang tidak mau diajak bicara dan anggaplah hal ini tak masalah janga bawa perasaan. Mungkin saja dia lagi mengalami hari yang buruk. Abaikan dan jangan diambil hati.