Lokasi Sate Ratu di Jogja Paradise

Sate ayam merupakan makanan populer khas Indonesia yang bisa ditemui dimanasaja. Beberapa daerah bahkan memiliki jenis sate sendiri seperti sate madura, sate padang, sate klathak, sate kere dll. Sate sendiri merupakan hidangan makanan berupa daging yang dipotong kecil-kecil ditusuk menggunakan lidi atau bambu. Sate biasanya dihidangkan dengan bumbu sesuai dengan jenis satenya. Pemilik sate biasanya mengkreasikan bumbu sate lebih unik agar banyak diminati pelanggan. Salah sate sate ayam dengan bumbu yang berbeda di Jogja adalah sate merahnya Sate Ratu.

Satenya beneran dibakar diatas bara api

Beberapa waktu yang lalu saya diajak oleh teman saya untuk makan di Sate Ratu. Sebelumnya pernah baca di blog-blog katanya satenya enak dan beda dengan yang lain. Karena saya penasaran dengan rasanya, tanpa pikir panjang menerima ajakan tersebut. Sate Ratu sendiri merupakan salah satu tenant di Jogja Paradise yang menjual dengan spesialisasi sate ayam dengan bumbu khusus. Jogja Paradise sendiri adalah foodcourt yang terletak di Jalan Magelang km Sinduadi depan Jogja City Mall, pernah saya review dipost sebelumnya.

Bakar Sate Ratu

Sate Ratu awal berdirinya pada tahun 2015 bernama angkringan ratu di dekat jalan solo namun 2016 mulai pindah di Jogja Paradise. Owner sendiri koh budi berasal dari Surabaya Jawa Timur. Nama Ratu diambil karena bernuansa tradisional jawa tapi kelihatan elit kelas atas. Sate ayam disini bumbunya sangat berbeda dari sate kebanyakan yang pakai bumbu kacang, Sate ratu memakai bumbu khusus yang diracik sendiri dari campuran gula merah cabai dll, yang tentunya halal. Cara membumbuinya juga beda, sate ayam di marinated selama 3 jam untuk memastikan bumbunya meresap sampai kedalam daging akibatnya sate berwarna merah dan bumbunya lebih terasa. Selain sate Ayam sate ratu juga menyediakan menu lain yaitu lilit basah dan ceker tugel. Lilit basah merupakan lilit yang disajikan dalam kondisi basah seperti ada kuahnya, berbeda dengan sate lilit. Sate lilit biasanya membutuhkan waktu persiapan lebih banyak oleh karena itu owner memilih lah bentuk lilit basah karena lebih mudah penyiapannya. Lilit basah juga tidak dibakar tapi dikukus.

Foto dan tulidsn testimoni turis mancanegara di dinding sate ratu

Sate Ratu banyak dikunjugi oleh turis dari berbagai negara lho. Kebanyakan turis yang datang karena mendengar tentang enaknya sate ratu dari mulut ke mulut. Sate ratu sama sekali tidak menggunakan jasa guide untuk menarik wisatawan asing. Owner sate ratu kepikiran unik juga kalau foto turis dan testimoninya ditulis di dinding, oleh sebab itu dia menyediakan gambar bendera negara turis dan meminta untuk menulis kesan tentang sate ratu dalam bahasa mereka. Kadang ada yang kaget lhoh ternyata orang yang dikenalnya sudah datang duluan kesini. Selain foto dan tulisan testimoni ada juga dokumentasi berupa video yang dipasang di antara meja pengunjung. Ada juga checklist berupa peta dunia dan nama negara yang sudah ada disini. Sampai saat ini sudah ada sekitar 69 negara yang mendatangi sate ratu untuk merasakan sate ayamnya. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri sate ratu yang mampu menarik banyak turis mancanegara. Kedepan targetnya sate ratu supaya bisa menjadi tempat langganan para mentri yang menjabat di pemerintahan

Video Dokumentasi

Banyak penghargaan yang telah di raih oleh Sate Ratu.  Karena banyaknya turis yang mereview sate ratu di Trip Advisor maka tak heran sate ratu mendapat certificate of excellence dari Trip Advisor. Ada juga penghargaan dari bekraf. Sate ratu juga pernah menerima penghargaan sebagai best tenant di Jogja Paradise. Dari semua penghargaan itu hal yang paling berkesan bagi owner adalah saat diundang dan merasakan jerih payah saat berjuang mendapatkan penghargaan.

Checklist negara yang sudah datang dan Certificate of Excellence Trip Advisor

Saya berkesempatan untuk mencicipi sate merah dan lilit basah sate ratu.  Satu porsi sate merah berisi 6 tusuk sate. Satenya berwarna merah menambah selera makan. Sate merah terasa tekstur ayamnya. Bumbunya juga meresap kedalam daging. Ada rasa manis dan pedas yang cocok bagi lidah jawa saya. Untuk lilit basah bentuknya seperti kotak yang diiris dan sedikit basah, berbeda dengan sate lilit yang kering. Satu porsi lilit basah berisi 4 potong kotak lilit basah. Rasanya tidak jauh beda dengan sate lilit tetapi ada tekstur khas kukus daging. Lilit basah ini tidak pedas cocok bagi yang tidak suka pedas.

Sate Ratu dan Lilit basah

Harganya cukup terjangkau dan sudah tertera di daftar menu jadi kalian bisa pilih sesuai budget. Sate Merah harganya 23 ribu per porsi. Lilit basah 23 ribu perporsi. Ceker tugel 23 ribu per porsi. Ada juga menu tambahan yang bisa kalian pesan disana seperti soup kuah, sate kulit dan berbagai minuman. Oh iya disini juga menjual lilit basah berbentuk frozen seharga Rp 57.550 perpack. Ada juga bumbu sate merah yang ingin membuat sate merah di rumah dijual dengan harga 40 ribu. Bisa juga order via ojek online lho bagi yang sibuk dan tidak ada waktu untuk ke Jogja Paradise

Daftar menu di Sate Ratu

Untuk kalian yang berminat datang kesini silahkan datang langsung ke Jogja paradise. Tenantnya terletak di pojok sendiri sebelah timur.

  • Sate RatuAlamat: Jogja Paradise Jalan Magelang km 6 depan The Sahid Rich Hotel, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 50000
    Jam buka: Buka 11.00 ⋅ Tutup pukul 21.00
    Telepon: 0815-5556-666