Dulu waktu pelajaran IPA pasti pernah belajar tentang hukum-hukum dasar fisika. Hukum yang saat itu dipelajari salah satunya adalah hukum gravitasi. Penemuan hukum ini sangat terkenal di dalam cerita-cerita buku fisika. Bagaimana tidak, Sir Issac Newton yang saat itu sedang leha-leha di bawah pohon apel tiba-tiba kejatuhan buah apel. Saat itu juga dia berpikir dan menemukan hukum gravitasi. Hukum ini menjadi hukum yang paling terkenal dan mengubah pandangan orang terhadap fisika dan alam semesta. Sebenarnya dibalik kejadian yang dianggap secara kebetulan itu, pasti newton telah melakukan kajian dan penelitian ilmiah untuk menemukan hukum itu. Tidak ada yang namanya kebetulan dalam ilmu pengetahuan, ada metode ilmiah yang dilakukan untuk menemukan suatu hukum baru agar diterima oleh ilmuwan dunia. Tapi ternyata hukum ini juga berlaku universal tidak hanya berlaku untuk fenomena fisika saja.  Bagaiman hukum gravitasi bekerja? berikut ini akan saya jelaskan tentang beberapa makna makna gravitasi  secara universal menurut saya

  • Hukum Gravitasi Newton
Newton sedang memikirkan hukum gravitasi

Hukum gravitasi newton secara sederhana dideskripsikan sebagai hukum tarik menarik antar benda. Setiap benda yang memiliki masa memiliki gaya gravitasi. Planet dan matahari memiliki gravitasi, karena masa yang dimiliki matahari lebih besar maka planet tertarik oleh matahari sehingga terjadilah gerakan planet mengelilingi matahari yang dikenal dengan revolusi planet. Manusia pun sebenarnya memiliki gravitasi, tetapi karena masa manusia yang jauh lebih dari masa bumi maka gaya gravitasi manusia dianggap nol alias tidak berpengaruh signifikan. Demikian juga benda lain yang masanya kecil. Bulan mengalami revolusi ke bumi karena masanya cukup besar sehingga memilki gravitasi sendiri yaitu sekitar 1,6 gravitasi bumi.

  • Gravitasi Sikap Baik

Ternyata hukum ini tidak hanya berlaku antar masa benda saja, hukum gravitasi dapat diterapkan ke aspek lain kehidupan. Misalnya dalam aspek kita bertindak juga berlaku aturan timbal balik yang dikenal dengan Golden Rule. The golden rule berlaku bagi setiap manusia apapun agamanya. The Golden Rule dalam setiap agama dapat dinyatakan berikut ini:

The Golden Rule dalam setiap agama

Kalau dalam bahasa Indonesia bisa bermakna:

Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan

Tentunya kamu ingin orang lain bersikap baik padamu. Jika kamu ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain maka perlakukan orang lain dengan baik. Sikap baik berlaku seperti halnya masa pada gaya gravitasi. Sikap baik yang terus dipancarkan ke setiap orang, suatu saat akan menarik balasan berupa perlakuan yang baik juga. Demikian juga sikap buruk, tentu juga akan menarik perlakuan buruk.

  • Gravitasi Pikiran
The Law of Attraction

Bagi yang suka membaca buku tentang psikologi pasti tahu tentang hukum tarik menarik yang dikenal dengan The Law of Attraction. Secara singkatnya hukum ini menyatakan bahwa apa yang dipikirkan dengan fokus itulah yang akan kamu tarik kedalam dirimu. Langkah menerapkan hukum ini agar menarik hal yang kamu inginkan adalah dengan memikirkan hal itu dengan positif. Temukan dalam diri kamu hal-hal yang membuat kamu bahagia. Cara mudah membuat kamu bahagia adalah dengan bersyukur. Jika kita terbiasa bersyukur maka kita akan memancarkan vibrasi rasa senang dan bahagia. Bersyukur akan semakin mudah dilakukan jika kamu membagikan kebahagianmu dengan orang lain. Bagilah peristiwa penting dalam hidupmu ke orang lain sehingga menunjukkan bahwa kamu bahagia dan bersyukur atas nikmat hidup yang kamu dapat.

Bagaimana menjadi gravitasi dunia pada era teknologi sekarang ini?

Pada era ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang saat ini memudahkan untuk melakukan hal-hal yang positif. Kamu dapat mengekspresikan kehidupan pribadimu melalui media sosial. Media sosial menjadi pilihan untuk berbagi kebahagian karena dengan media sosial dapat tersebar keseluruh dunia maya. Memancarkan energi positif rasa syukur kita di Media Sosial kamu menyebarkan kebahagian kepada dunia. Untuk melakukan hal itu tentu perlu perangkat teknologi yang mumpuni.

Perkembangan digital menunjukkan orang lebih suka menjelajahi dunia maya dengan perangkat mobile. Gambar  dan video menjadi hal paling menarik di dunia maya. Terbukti saat ini Youtube dan Instagram menjadi situs paling sering dikunjungi penduduk Indonesia. Smartphone dengan kualitas yang baik tentu mendorong kamu untuk memancarkan energi positif ke seluruh dunia maya.

Berbagi energi positif melalui media sosial

Luna Indonesia baru saja meluncurkan smartphone terbaru mereka. Luna Smartphone dapat menjadi pilihan kamu untuk memancarkan energi positif dan menjadi gravitasi dunia. Kamera Luna smartphone memiliki resolusi yang bagus yang dapat menghasilkan kualitas video dan gambar yang sangat baik. Selain itu juga ukuran layar 5.5 inch menjadi ukuran ideal untuk membaca dan dipegang ditangan. Koneksinya pun sudah 4G, cukup cepat dan dapat menghemat waktu dalam beraktivitas didunia maya. Dengan kualitas seperti ini kamu dapat dengan mudah menyebarkan energi positif dan menjadi gravitasi dunia

Demikian blogpost kali ini, semoga kita dapat menjadi penyebar energi positif dan dapat menjadi gravitasi bagi dunia. Terimakasih telah membaca blog saya, sampai jumpa di post selanjutnya.