“The web just isnot the same without you”

-Microsoft Edge

 

web hosting indonesia

Website sekarang ini merupakan sebuah kebutuhan bagi semua orang. Di era teknologi dan informasi seperti ini website memiliki peran vital untuk mengenalkan profil kita di internet. Pemilik bisnis juga dituntut untuk memiliki website apabila produk mereka ingin dijangkau oleh lebih banyak pembeli. Jika kamu ingin bermanfaat bagi orang lain dengan hobi dan keahlian yang kamu miliki, kamu juga menulisnya di website pribadi. Seperti kata browser kalau tidak terkoneksi “The web isnot the same without you”, internet akan berbeda jika tidak ada kamu. Oleh sebab itu, ayo miliki website sendiri sebagai tempat mengekspresikan diri di internet. Kebanyakan orang terkenal juga memiliki website pribadi mereka sendiri-sendiri. Jika kamu menulis nama publik figur di google biasanya akan ada website sendiri mengenai profil mereka.

Googling nama sendiri

Pernahkah kalian googling nama kalian di Google?

Google adalah salah satu mesin pencari paling populer saat ini. Pernahkah menulis nama kamu di google? Hasilya akan terlihat bagaimana aktivitas kamu saat bermain di Internet. Kalau yang paling banyak sosial media, kebanyakan akun sosial media yang muncul. Nah kalau kamu punya website blog sendiri nama kalian bisa jadi muncul di pencarian. Sehingga orang bisa membaca tulisan-tulisan kalian yang di posting di sosial media. Beda dengan sosial media yang tulisan hanya bisa dibaca oleh teman kita, blog dapat dibaca oleh semua orang yang kesasar ke alamat blog kamu. Setiap orang bisa jadi membaca tulisan kamu, dan akan lebih bermanfaat jika banyak yang membaca daripada hanya disimpan di hardisk sendiri. Selain itu kamu bisa menghasilkan uang dengan menuliskan hobby kamu yaitu melalui program affiliasi semacam Google Adsense yang akan membayar jika kamu menayangkan iklan di website dan ada yang mengekliknya

Iklan Google Adsense di Website Blog Saya

Membuat website sendiri juga bisa untuk branding. Jika kamu seorang freelancer atau fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan membuat website portofolio bisa menjadi solusinya. Kamu bisa menaruh karya kamu di website ini, sehingga apabila orang tertarik dengan hasil karya kamu bisa menghubungi melalui webiste portfolio kamu. Hal ini akan membuat kamu lebih profesional.

Membuat Website untuk Blog

Beberapa alasan itulah yang membuat saya tertarik untuk membuat website blog sendiri. Blog saya adalah kalian baca saat ini sebagai website pribadi. Kalian akan menemukan blog ini saat searching nama Aan Pambudi di google. Blog saya ini juga sebagai tempat review saat ada undangan kumpul-kumpul bareng Komunitas Blogger Jogja untuk review produk tertentu. Ada juga perkenalan tentang saya dan skill yang saya miliki :D. Saya memilih penyedia domain sesuai saran teman saya yaitu DomaiNesia

Domain aanpambudi.id sudah saya beli

Kenapa Memilih beli domain di  Domainesia?

Ada beberapa alasan saya memilih penyedia domain dan hosting domainesia. Sebelum menentukan pilihan ke domainesia saya berselancar di internet tentang penyedia domain yang murah dan berkualitas. Beberapa sudah saya kunjungi websitenya dan tampilan website untuk pengguna atau user interface domainesia paling menarik. Kebetulan saat itu ada promo domain .id dengan harga  murah yaitu cuma Rp 55.000 . Ada juga fitur chat customer service untuk tanya-tanya bagi pelanggan. Saya manfaatkan fitur ini untuk tanya-tanya terlebih dahulu tentang domain yang akan saya beli.

Percakapan dengan Domainesia

Saya pilih yang operatornya cewek karena saya laki-laki dan lebih tertarik bicara ke cewek :D. Kurang lebih percakapannya seperti ini:

Saya: Hai mbak

Operator: Halo, ada yang bisa saya bantu? Maaf ini dengan Bapak/Ibu siapa ya?

Saya: Saya Aan Pambudi. Mbak kalau domain id itu 55 ribu untuk perpanjang tetap 55 ribu atau gimana ya?

Operator: Untuk perpanjang mengikuti harga domain saat itu pak.

Setelah saya pikir matang-matang akhirnya saya memilih membeli domain aanpambudi.id ini yang lagi promo walaupun perpanjangnya bisa lebih mahal. Kemudian saya pesan di website domainesia.

Setelah pesan ada konfirmasi email untuk melakukan pembayaran di bank pilihan. Saya waktu itu pilih Bank Mandiri ,tidak ada khulusan khusus memilih bank ini kebetulan saya juga tidak memiliki akun bank manapun. Akhirnya saya pergi untuk melakukan pembayaran ke kantor cabang Bank Mandiri. Pembayaran cukup ke teller bank sesuai dengan konfirmasi email tadi. Karena pesan domain.id saya juga harus melengkapi dengan bukti scan kartu tanda penduduk (KTP). Cukup beberapa jam saja domain dapat aktif.

Saya memilih untuk menggunakan platform wordpress sebagai mesin blog saya. Untuk itu perlu hosting, nah kebetulan saya memilih hosting gratisan freehostia. Login kemudian mengatur nameserver dan beberapa jam kemudian domain sudah terpropagasi dan bisa diakses.

Pindah Hosting Ke Domainesia

Hosting di webhosting gratisan sungguh tidak memuaskan. Fitur yang ada di webhosting gratisan kurang lengkap sehingga kurang dalam menigkatkan performa blog. Ruang yang disediakan pun cukup sedikit. Pernah sekali website saya penuh kapasita penyimpananya karena upload foto dari dslr yang ukurannya besar. Ini membuat pelajaran buat saya sebelum upload foto ke web sebaiknya di kompres dulu sehingga ukurannya lebih kecil. Saat itu teman saya juga ngasih template premium tapi karena fitur yang kurang dari hosting gratisan sehingga template tidak dapat di install. Server juga ada di Amerika sehingga cukup lama untuk loadingnya

Kuis Domainesia

Pada bulan Agustus menyambut kemerdekaan Republik Indonesia domainesia mengadakan kuis. Kuis ini berhadiah voucher diskon hosting di domainesia. Mendapatkan email tentang kuis ini saya bergegas untuk mengikuti kuisnya dan akhirnya saya mendapatkan voucher hosting senilai 100 ribu rupiah. Saya belanjakan voucher ini untuk membeli paket hosting baby domainesia yang cukup murah dibawah 100 ribu pertahun sehingga saya tidak perlu membayar hosting. Setelah belanja dan memasukkan voucher saya mendapatkan email tentang konfigurasi control panel dan ftp. Segera saya setting blogsaya ke hosting domainesia. Saya pilih yang server Indonesia karena pembaca blog ini kebanyakan dari Indonesia

Paket Hosting di Domanesia

Oleh karena sebelumnya saya hosting di webhost lain saya perlu untuk migrasi ke hosting baru saya. Migrasi ke hosting domainesia cukup mudah. Pertama saya cukup download file wordpress saya dari filemanager webhost lama dan juga export dan download database sql dari phpMyadmin. Kemudian upload seluruh file wordpress ke ftp seperti yang ada di email konfigurasi ftp, selanjutnya tinggal impor database ke phpMyadmin yang baru. Beberapa waktu saja untuk propagasi dan website blog saya dapat diakses dari server indonesia.

Manfaat Hosting di Domainesia

Control Panel Hosting Domainesia

Banyak manfaat yang saya dapat dari hosting di Domainesia.  Diantaranya harga yang murah untuk yaitu Rp 8000 perbulan untuk hosting baby. Saya juga dapat menginstall theme premium wordpress yang sebelumnya tidak dapat diinstall di webhost gratisan. Server juga ada di Indonesia sehingga cepat untuk loadingnya. Selain itu dalam fitur control panel domainesia juga ada fitur email forwarding, jadi kamu bisa custom email kamu sesuai dengan domain kamu. Seperti email yang saya pakai saat ini yaitu admin@aanpambudi.id yang memforward emailnya ke provider email yahoo saya.

Untuk keamanana website tidak diragukan lagi sehingga cocok sebagai Hosting untuk pemula. Website kamu akan aman saat hosting di domainesia. Ada fitur SSL gratis yang akan menigkatkan keamanan website kamu yang dapat mengubah url http:// menjadi https:// . Kalau ada celah keamanan admin dari hosting domainesia juga akan memberitahu tentang hal itu dan akan memperbaikinya.

Pemberitahuan celah keamanan

Ada juga fitur Instant Deploy Domainesia yang sangat memudahkan dalam pembuatan website. Fitur tersebut sangat membantu website hanya dalam sekali klik. Kamu tak perlu tahu bahasa pemrograman yang ribet atau memulai dari nol, cukup klik dan masukkan email dan password maka website anda sudah siap untuk digunakan. Tertarik dengan fitur ini klik gambar berikut ini

Instant Deploy Domainesia

Kesimpulan dan saran

Begitulah pengalaman saya beli domain dan hosting web di Domainesia. Banyak fitur menarik yang akan menunjang performa web kamu. Dari webiste blog kamu juga ikutan untuk lomba blog atau review produk kesukaan kamu supaya dapat bermanfaat bagi orang lain. Untuk itu segera follow sosial media dan subscribe email dari domainesia supaya kamu tidak ketinggalan untuk mendapatkan promosi dari domainesia seperti saya. 😀

Ulang tahun ke 8 Domainesia

Akhir kata saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 8 untuk Domainesia semoga dengan umur yang bertambah semakin meningkat kualitas layanannya serta domain dan hostingnya  laris manis dibeli pelanggan.  Semoga bermanfaat.